Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 12:34 WIB

Sungai Mahakam Meluap, Rumah Warga Terendam

Oleh : Ivan Setyadi | Minggu, 5 November 2017 | 17:03 WIB
Sungai Mahakam Meluap, Rumah Warga Terendam
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Mahakam - Banjir melanda sebagian besar permukiman penduduk di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Minggu (5/11/2017).

Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Mahakam dan merendam rumah warga yang berada tepat dibantaran sungai

Sejak Minggu pagi, mulai Kecamatan yang paling hilir, yakni Kecamatan Long Hubung, kemudian Laham, hingga Kecamatan Long Bagun, ketinggian air sudah naik hingga di atas bibir sungai dan sebagian masuk ke perkampungan, namun kebanyakan rumah penduduk berbentuk panggung sehingga hanya kolong rumah yang terkena banjir.

Sedangkan salah satu kampung yang mengalami musibah banjir adalah Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, sejumlah rumah tampak terendam air dengan ketinggian bervariasi dengan rata-rata 50 cm, termasuk Kampung Rukun Damai dan Kampung Mamahak Besar mengalami kondisi yang sama.

Sementara tiga kampung lain di Kecamatan Long Bagun dilaporkan ada sekitar 300 rumah yang terendam air, yakni Kampung Long Bagun Ulu, Long Bagun Ilir, dan Kampung Batu Keloq.

Di Kampung Long Bagun Ilir misalnya, ketinggian air antara 1 meter hingga 2 meter, namun karena rumah warga berbentuk panggung tinggi, maka air yang masuk rumah hanya sekitar 10-50 cm.

Komentar

 
x