Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Januari 2018 | 07:58 WIB
 

Elektabilitas Ridwan Kamil tak Pengaruhi PKS

Oleh : Agus Irawan | Minggu, 5 November 2017 | 01:53 WIB
Elektabilitas Ridwan Kamil tak Pengaruhi PKS
Wasekjen DPP PKS, Mardani Ali Sera - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wasekjen DPP PKS, Mardani Ali Sera tidak mempersoalkan elektabilitas Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang menurut hasil survei Saiful Mujani Reseach and Consulting ( SMRC) masih unggul diatas Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar. PKS tetap konsisten mendukung pasangan Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu pada Pilgub Jawa Barat.

"Surveinya juga menyatakan masih ada 70 persen belum menentukan pilihan. Jadi siapapun masih sangat terbuka," kata Mardani saat dikonfirmasi INILAHCOM, Sabtu (4/11/2017).

Mardani menyebutkan wilayah Jawa Barat sangat luas dan banyak penduduknya. Kandidat yang didukung partai dengan mesin politik kuat punya peluang menang.

"PKS sudah dua kali memenangkan Jabar," akunya.

Sebelumnya, survei yang diadakan oleh Saiful Mujani Reseach and Consulting ( SMRC) menunjukkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil masih unggul di pertarungan Pilgub Jabar 2018 dari sisi elektabilitas dari persaingan laninnya.

"Kalau dari berbagai simulasi pilihan pertanyaan baik spontan, semi terbuka sampai tertutup dua nama, Ridwan Kamil konsisten masih berada di urutan teratas," kata Direktur SMRC ,Djayadi Hanan, di kantor SMRC, Jalan Cisadane, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

Djayadi menyebukan survei dilakukan pada 27 September hingga 3 Oktober 2017 terhadap 820 responden di Jawa Barat, dengan metode multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dia mengungkapkan dari pertanyaan spontan hanya 29,5 persen responden yang dapat menentukan pilihan, sedangkan sebanyak 70,5 responden lainnya menyatakan belum bisa memberikan pilihan spontan.

Sementara itu, dari total 29,5 yang menentukan pilihan tersebut sebesar 16,8 persen yakni memilih Ridwan Kamil dan diikuti dengan Deddy Mizwar 3,8 persen, Dedi Mulyadi 2,2 persen, AA Gym 1,5 persen, kemudian nama-nama lain masih dibawah satu persen.

Kata dia, dalam pertanyaan semi terbuka responden diberikan 27 nama calon dan dukungan terhadap Ridwan Kam kian solid yaitu 34,1 persen, diikuti Deddy Mizwar 15,5 persen, Dede Yusuf Macan Efendi 9,9 persen, AA Gym 6 persen dan Dedy Mulyadi 5,6 persen, namun untuk nama lain masih dibawah empat persen.

"Berdasarkan fakta itu, SMRC berkesimpulan hingga saat ini sosok Deddy Mizwar masih menjadi persaing terkuat Ridwan Kamil," ujarnya. [hpy]

Komentar

 
Embed Widget

x