Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 17:40 WIB
 

Lewat Sespri, KPK Dalami Pertemuan Wali Kota Batu

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 1 November 2017 | 22:41 WIB
Lewat Sespri, KPK Dalami Pertemuan Wali Kota Batu
Jubir KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap proyek pengadaan meubelair senilai Rp5,26 miliar di Pemerintah Kota Batu, Malang, Jawa Timur yang menjerat Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

Pendalaman yang dikakukan oleh KPK dari beberapa unsur. Saat ini penyidik tengah fokus mendalami pertemuan-pertemuan yang dihadiri Eddy dengan sejumlah pengusaha yang berujung pada dugaan penyuapan. Untuk itu, KPK pun menghadirkan saksi Lila Widya selaku Sekretaris Pribadi (Sespri) Eddy.

"(Materi pemeriksaan) terkait pengetahuan yang bersangkutan sebagai sespri yang diduga mengetahui pertemuan-pertemuan yang dilakukan oleh tersangka Wali Kota Batu, ERP (Eddy Rumpoko) dengan para pengusaha dan terkait aliran keluar masuk dana," kata Jubir KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Adapun pemeriksaan terhadap Lila ini merupakan penjadwalan ulang. Ia dua kali mangkir dari pemeriksaan penyidik. Bahkan, KPK sempat berencana untuk memanggil paksa Lila apabila mangkir kembali.

"Sebelumnya, penyidik sudah dua kali memanggil yang bersangkutan untuk diperiksa, tapi kedua panggilan tersebut tidak dihadiri tanpa keterangan. Pertama, untuk pemeriksaan hari Kamis (28/9) dan kedua, untuk pemeriksaan Sabtu (30/9). Kedua pemeriksaan saat itu dijadwalkan di Mapolres Batu. Penyidik juga telah berkoordinasi dan meminta bantuan Asisten Pemkot Batu untuk menyampaikan surat panggilan dan mencari yang bersangkutan. Hari ini yang bersangkutan hadir menemui penyidik," ujar Febri.[jat]

Komentar

x