Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:25 WIB

Pengacara First Travel Diperiksa Soal Dana Jemaah

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 1 November 2017 | 15:23 WIB
Pengacara First Travel Diperiksa Soal Dana Jemaah
Kabareskrim Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sejumlah jemaah korban penipuan First Travel melaporkan pengacara Frist Travel yang bernama Deski ke polisi. Deski dilaporkan karena membuat janji kepada para jemaah untuk memberangkatkan haji.

"Dia laporkan dalam kasus tersendiri, ada yang laporkan dia sebagai karyawan, tetapi tidak bisa direalisasikan dan merasa ditipu," kata Kabareskrim Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto di Bareskrim Polri, Rabu (1/11/2017).

Ari melanjutkan bahwa Deski sudah membuat perjanjian dengan jemaah dengan menandatangani surat perjanjian tertulis pada 19 Mei 2017 lalu. Dalam surat perjanjiannya disebut Deski akan memberangkat jemaah korban penipuan dengan paket promo 2017 melalui kantor franchise Kebon Jeruk.

"Namun ternyata jadwal dan kuota keberangkatan yang dinyatakan Deski tersebut tidak terlaksana," ujar Ari.

Ari mengatakan bahwa Deski sudah diminta keterangan oleh penyidik. Dia dicecar berbagai pertanyaan apakah ada dana jemaah yang disembunyikan.

"Sudah diwawancarai kemarin, apakah ada uang dan yang disembunyi oleh dia," kata Ari Dono.

Deski dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada tanggal 7 Agustus 2017 lalu oleh Yan Diardi. Laporan itu diterima dengan nomor LP/3698/VIII/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus. Kasusnya kemudian dilimpahkan ke Bareskrim Polri. Deski diduga melanggar tindak pidana TPPU UU Nomor 8 tahun 2010. [ton]

Komentar

 
x