Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 23:51 WIB
 

SBY Harap Pemerintah Jadikan Ormas Sebagai Mitra

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 30 Oktober 2017 | 19:03 WIB
SBY Harap Pemerintah Jadikan Ormas Sebagai Mitra
Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginginkan pemerintah memperlakukan organisasi kemasyarakatan (Ormas) sebagai mitra.

Menurut dia, negara dan pemerintah harus memiliki cara pandang yang berimbang terhadap Ormas.

"Tolong Ormas itu diperlakukan sebagai mitra, partner yang perlu diperankan. Kan banyak Ormas, banyak civil society, NGO atau apapun namanya yang peduli pada lingkungan, peduli pada pemberantasan korupsi," kata SBY, Senin (30/10/2017).

Menurut dia, jika ada suatu Ormas yang menyimpang maka pemerintah untuk meluruskannya maupun dibina. Menurut dia, kalau ada Ormas yang nyata-nyata melanggar hukum, melakukan kejahatan.

"Maka, negara berhak memberikan sanksi yang tegas dan Partai Demokrat setuju dengan itu," ujar mantan Presiden RI.

Ia mengatakan partainya mengerti negara perlu mengatur keberadaan Ormas di negeri ini, tentu Demokrat tidak sepakat ada suatu Ormas menolak pengaturan yang dilakukan negara atas nama demokrasi serta hak asasi manusia.

"Negara juga punya amanah, amanah konstitusi untuk mengatur kegiatan di negeri ini agar keamanan terjaga, ketertiban terjaga, ancaman terhadap negara tidak ada, adil dan sejahtera, makmur dan sejahera," tandasnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x