Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 09:34 WIB

DPR Desak Kapal Terbakar di Karimunjawa Diusut

Oleh : - | Minggu, 29 Oktober 2017 | 17:17 WIB
DPR Desak Kapal Terbakar di Karimunjawa Diusut
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terbakarnya Kapal Dharma Kencana II di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menimbulkan keprihatinan mendalam bagi Komisi V DPR RI.

Meskipun tidak ada korban jiwa, komisi yang membidangi masalah infrastruktur dan perhubungan ini meminta agar insiden tersebut segera diusut secara tuntas.

"Tentu harus dicari penyebab utamanya. Dengan begitu maka akan bisa diurai dan dicarikan solusinya," kata Anggota Komisi V DPR Moh. Niizar Zahro, Jakarta, Minggu (29/10/2017).

Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini juga mengkritik kinerja dari Kementerian Perhubungan. Sebab selama tahun 2017, setidaknya ada tiga insiden kebakaran kapal laut yang terjadi.

"Kebakaran ini khan tidak hanya sekarang. Masak kemenhub tidak mengambil pelajaran dari peristiwa yang sudah terjadi. Harus ditingkatkan kinerja pengawasannya terhadap syahbandar dan perusahaan kapal laut. Bila tidak ada peningkatan kinerja pengawasan maka akan selalu terjadi insiden yang mengancam nyawa manusia. Ini tidak kami harapkan," ujarnya.

Nizar menambahkan, penindakan dan sanksi tegas harus dilakukan terhadap insiden terbakarnya Kapal Dharma Kencana II. Menurutnya, setiap kecelakaan bila tidak kapalnya yang bermasalah, bisa juga disebabkan faktor human error.

"Karena itulah sanksi tegas harus diberikan agar menimbulkan efek jera bagi pelaku usaha transportasi laut dan pihak - pihak terkait," pungkasnya. [rym]

Komentar

 
x