Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 01:46 WIB

Penolakan Gatot Bisa Berdampak ke Hubungan Militer

Oleh : Fadhly Zikry | Rabu, 25 Oktober 2017 | 07:00 WIB
Penolakan Gatot Bisa Berdampak ke Hubungan Militer
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI mendorong pemerintah dalam hal ini Kementrian Luar negeri menyampaikan nota protes ke pemerintah Amerika Serikat (AS) setelah menolak Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk kenegara Paman Sam tersebut.

"Ini masalah serius. Jangan dimudah atau ringankan, tapi jangan juga diberatkan dan dibesarkan. Nota protes wajib," kata Mardani kepada INILAHCOM, Selasa (25/10/2017).

Selain berdampak kepada hubungan dua negara, sikap AS yang menolak Jenderal Gatot juga bisa berdampak pada hubungan militer yang sudah terjalin.

"Bisa didalami dan diambil kebijakan yang tidak main-main karena Panglima TNI adalah ikon bangsa," ujarnya.

Seperti diketahui, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke AS sesaat akan berangkat menuju negeri Paman Sam tersebut Sabtu (21/10) pekan lalu. Meski sudah mengurus visa, penolakan tersebut disampaikan oleh maskapai Emirates kepada Jenderal Gatot.

Sedianya Panglima akan menghadiri undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Dunford, dalam acara Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization, pada 23-24 Oktober di Washington DC. Meski penolakan tersebut sudah dicabut, Panglima pun akhirnya urung untuk menghadiri kegiatan tersebut. [fad]

Komentar

 
x