Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 15:07 WIB
 

Bawaslu Tetap Proses Laporan Parpol Tak Lolos KPU

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 24 Oktober 2017 | 20:36 WIB
Bawaslu Tetap Proses Laporan Parpol Tak Lolos KPU
Anggota Bawaslu RI, Ratna Dwi Pettalolo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Bawaslu RI, Ratna Dwi Pettalolo mengatakan pihaknya akan menerima siapa pun yang melapor ke Bawaslu soal partai politik yang tidak lolos sistem informasi partai politik (Sipol) oleh KPU.

"Kami secara kelembagaan akan menerima siapa yang lapor ke Bawaslu," kata Ratna di Kantor KPU, Selasa (24/10/2017).

Ia menjelaskan kalau ada laporan yang sudah masuk dan teregistrasi, maka Bawaslu punya kewajiban untuk menindaklanjutinya. Menurut dia, ada beberapa tahap yang harus dilewati antara lain melakukan verifikasi.

"KPU akan diberikan ruang untuk keterangan tentang hal-hal yang dilaporkan ke Bawaslu yang mungkin dirasakan pelapor merugikan," ujarnya.

Kemudian, kata dia, ada tahap pengkajian yaitu menghubungkan fakta dan barang bukti yang disampaikan. Sebab, proses ini penting untuk sampai masuk pada tahap kesimpulan nanti apakah laporan itu benar atau sebaliknya.

"Sehingga kesimpulan yang diambil nanti sebuah kesimpulan yang lahir objektif dengan mendudukkan persoalannya seperti apa dan penelitian seperti apa, kami mendudukan KPU dan pelapor pada masing-masing," jelas dia.

Ia berharap semoga proses penanganan pelanggaran yang ditangani tidak akan pernah mengganggu berjalannya tahapan-tahapan yang dilakukan oleh KPU, karena tentu dengan alasan terbatasnya waktu yang dimiliki KPU. [ton]

Komentar

x