Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 01:47 WIB

Generasi Milenial jadi Sasaran Gus Ipus-Anas

Oleh : - | Sabtu, 21 Oktober 2017 | 21:36 WIB
Generasi Milenial jadi Sasaran Gus Ipus-Anas
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Abdullah Azwar Anas - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Banyuwangi - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Abdullah Azwar Anas sedang merancang model kampanye kreatif dan inovatif dengan menyasar anak muda atau generasi milenial.

"Generasi milenial atau Generasi Y dan yang terbaru ada Generasi Z ini punya ciri tersendiri. Mereka diklasifikan sebagai kelompok yang lahir pada 1980-an dan awal 2000-an. Jumlahnya cukup besar. Perilaku politiknya sangat cair. Jadi perlu pendekatan yang agak khusus, baik dari sisi konten, ekspresi, dan saluran distribusi kontennya," ujar Anas saat dihubungi di Banyuwangi, Sabtu (21/10/2017).

Menurut dia, segmen pemilih muda dan pemilih pemula mempunyai karakter tersendiri. Perilaku mereka pun khas, di antaranya selalu terkoneksi, penuh kreativitas, independen, dan punya rasa percaya diri yang kuat.

"Kalau dibedah, itu masih ada kluster-klusternya. Ada yang "alay", ada yang sangat independen, ada juga yang lebih banyak ikut-ikutan. Semua dipetakan. Bagaimana eksekusi kampanyenya, itu jadi strategi yang tidak bisa kami sampaikan," ujar dia.

Anas mengatakan, model kampanye yang akan dipilih adalah berkonsep kreatif dan inspiratif yang tidak menjelekkan pihak lain dan tidak menyampaikan informasi "hoax".

"Ini penting agar proses politik jadi lebih asyik dan memberi edukasi ke publik," ujarnya.

Pada Pilkada 2018, PKB dan PDIP akan mengusung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dengan Abdullah Azwar Anas sebagai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur. [tar]

Komentar

 
x