Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 09:40 WIB

Selain Penipuan, Bos First Travel Dijerat TPPU

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 18 Oktober 2017 | 12:23 WIB
Selain Penipuan, Bos First Travel Dijerat TPPU
First Travel - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Selain menjerat tiga bos perjalanan umrah First Travel dengan pasal dugaan tindak pidana penipuan, penyidik juga menggunakan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Adapun tiga tersangka itu adalah Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan. Hal itu disampaikan oleh Abdul Haji Talaohuf selaku pengacara Kiki Hasibuan usai mendampingi kliennya menjalani pemeriksaan.

"Sama Andika (Serachman) TPPU, Bu Anniesa (Hasibuan) turut menikmati," kata Abdul di Bareskrim Polri Gedung KKP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2017).

Namun demikian, dia tidak merincikan pasal tindak pidana yang dituduhkan penyidik kepada kliennya. Yang pasti, lanjutnya, pemeriksaan kliennya sudah mengarah pada dugaan tindak pidana pncucian uang.

"Pertanyaan sekitar 30 an lah," ujar dia.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan, berkas penyidikan untuk kasus dugaan tindak pidana penipuan sudah hampir selelsai.

Kasubdit V Dit Tipidum, Kombes Dwi Irianto sebelumnya mengatakan penyidikan kasus First Travel sudah sampai 90 persen. Ke depan, pihaknya berencana melimpahkan berkas penyidikan ke kejaksaan.

Dalam penyidikan kasus ini, penyidik sudah menyita sejumlah aset antara lain, rumah, mobil mewah dan benda berharga lain. Harta tersebut disita karena diduga dibeli menggunakan uang dari calon jemaah umrah First Travel. [ton]

Komentar

 
x