Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 Februari 2018 | 03:12 WIB
 

Bawaslu Sebut 3 Proses Input Data Sipol Bermasalah

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 17 Oktober 2017 | 17:11 WIB
Bawaslu Sebut 3 Proses Input Data Sipol Bermasalah
Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan sistem informasi partai politik (Sipol) yang dibentuk KPU kepada parpol sebagai syarat pendaftaran calon peserta Pemilu 2019 masih menimbulkan persoalan.

Afif menjelaskan persoalan yang ditimbulkan oleh Sipol adalah saat parpol melakukan input data. Bawaslu menemukan tiga kendala terkait proses input data Sipol oleh parpol.

Afif menyebutkan temuan pertama yakni troubleshooting laman Sipol di tengah proses pemeriksaan kelengkapan proses pemeriksaan kelengkapan dokumen persayaratan pendaftaran.

"Soal troubleshooting terjadi pada tanggal 9 Oktober 2017, sekitar pukul 11.00 WIB hingga dengan Pukul 11.30 WIB," kata Afifuddin di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017).

Sementara itu, kata dia temuan kedua yang ditemukan Bawaslu soal Sipol adalah traffic uploading data Sipol, seperti yang dialami partai Hanura yang melakukan input data tanggal 14 Oktober 2017 sekitar pukul 10.00 WIB, tetapi data tersebut keluar di Sipol pada pukul 13.00 WIB.

"Jadi proses uploading data di Sipol membutuhkan waktu 180 menit," jelasnya.

Untuk temuan ketiga Bawaslu adalah Sipol tidak dapat menginderifikasi dokumen ganda seperti yang dialami oleh PSI.

Ia mengungkapkan bahwa tidak ada pemberintahuan saat parpol melakukan upload dokumen Sipol sudah selesai.

"Maka hal ini mengakibatkan parpol tidak mengetahui apakah dokumen sudah ter-upload atau tidak, karena kejadian yang dialami PSI adalah upload dokumen sampai dari satu kali," jelasnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x