Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 17:47 WIB
 

Jaksa Hadirkan Ade Komarudin Untuk Bersaksi

Oleh : Ivan Sethyadi | Senin, 16 Oktober 2017 | 10:13 WIB
Jaksa Hadirkan Ade Komarudin Untuk Bersaksi
mantan Ketua DPR Ade Komarudin alias Akom - (Foto: Inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Sidang kasus dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Andi Narogong bakal kembali digelar di pengadilan tindak pidana korupsi hari ini, Senin (16/10/2017).

Rencananya, Jaksa penuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadirkan mantan Ketua DPR Ade Komarudin alias Akom.

"Saksi AA (Andi Narogong) Senin, Ade Komarudin," kata kuasa hukum Andi Narogong, Samsul Huda, lewat pesan singkat kepada wartawan sesaat tadi.

Selain Akom, ada sejumlah saksi lainnya yang bakal dihadirkan jaksa penuntut KPK. Mereka di antaranya mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Taufiq Effendi, mantan Ketua Fraksi Demokrat Muhammad Jafar Hafsah, Heldi alias Ipon dan Farhati.

Terkait Akom, dirinya bukan kali pertama dihadirkan dalam sidang. Akom sebelumnya sudah bersaksi untuk terdakwa lainnya dalam sidang kasus korupsi yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. Mantan Sekretaris Fraksi Golkar saat pembahasan proyek e-KTP bergulir di DPR itu juga beberapa kali mondar-mandir diperiksa penyidik KPK.

Dalam perkara ini, Andi Narogong didakwa melakukan korupsi proyek e-KTP dengan memperkaya sejumlah pihak. Beberapa di antaranya pejabat Kemendagri, panitia proyek, hingga anggota DPR disebut menerima uang panas proyek senilai Rp5,9 triliun.

Andi Narogong disebut mendapat jatah sebesar Rp574,2 miliar dari proyek yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

Dia diduga mengatur proyek e-KTP dari awal perencanaan sampai proses pengadaan kartu penduduk elektronik itu. [rok]

Komentar

x