Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 06:57 WIB

Gubernur Harap Pembangunan Tol di Sumut Rampung

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 13 Oktober 2017 | 17:31 WIB
Gubernur Harap Pembangunan Tol di Sumut Rampung
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Medan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Medan - Kualanamu-Tebing Tinggi Ruas Kualanamu-Sei Rampah Seksi II-VI dan Jalan Tol Medan-Binjai Seksi: Helvetia-Semayang-Binjai, Jumat (13/10/2017) sore.

Acara diawali dengan sambutan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi usai pemutara video profil tol yang akan diresmikan hari ini.

"Pada saat ini, ruas jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,65 km telah selesai sepanjang 40 km lebih yaitu seksi II-VI. Ruas jalan Tol Medan-Binjai yang targetnya sepanjang 16,73 km telah selesai 10,46 km," kata Tengku Erry.

Ia menuturkan, untuk Tol Kualanamu-Medan dan Kualanamu-Tebing Tinggi masih perlu diselesaikan sepanjang 13,4 km. "Tanjung Merawa 2 km, Tol Sungai Rampah-Tebing Tinggi 10,15 km. Mudah-mudahan akan selesai karena pembebasan lahan juga selesai," ucapnya.

Lebih jauh, ia mengungkapkan untuk jalan Tol Medan-Binjai Seksi I: Tanjung Liat-Helvatia sepanjang 3,3 km masih ada masalah terkait dengan pembebasan lahan.

"Mudah-mudahan bisa segera dituntaskan. Kehadiran jalan tol di Sumut akan memacu pertumbuhan ekonomi lebih baik dimana selama dua sampai tiga tahun terakhir, provinsi Sumut tumbuh 5 hingga 6 persen per tahun. Pada masa yang akan datang setelah jalan tol ini, pertumbuhan ekonomi Sumut bisa lebih dari 6 persen," katanya.

Ia menuturkan, panjang jalan tol di Sumatera Utara nantinya ditargetkan sepanjang 113 km. Adapun selama lebih kurang 30 tahun terakhir, provinsi Sumut hanya memiliki Tol Belawan- Medan-Tanjung Morawa sepanjang 30 km.

"Jadi, ada penambahan panjang jalan tol di Sumut 80 km. Kami berkomitmen agar terus menambah tol dengan pendekatan di Kualatanjung, Semangke dan Danau Toba dengan meneruskan Medan-Tebing Tinggi-Prapat-Sibolga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang mendukung suksesnya acara peresmian tol yang berlangsung baik hari ini.

"Peresmian jalan Tol Medan-Binjai dan Medan-Sei Rampah berkat dukungan semua pihak. Hari ini juga ada serah terima sertifikat tanah atas nama pemerintah melalui Kemenkeu sebanyak 183 sertifikat lahan ruas Tol Medan-Binjai dari Kementerian ATR. Ini proyek strategis nasional pertama yang sertifikatnya juga sudah langsung selesai," tandasnya.[jat]

Komentar

 
x