Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 07:02 WIB

Jaksa Agung Tolak Gabung ke Densus Tipikor Polri

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Jumat, 13 Oktober 2017 | 16:10 WIB
Jaksa Agung Tolak Gabung ke Densus Tipikor Polri
Jaksa Agung M Prasetyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa Agung M Prasetyo menolak bergabung satu atap dengan Densus Tipikor bentukan Polri. Namun kejaksaan akan bersinergi dengan Densus.

"Ya itu bagus. Itu yang bener. Bukan berarti kita saling membaurkan diri, bukan. Tapi dalam bersinergi perlu," kata Prasetyo di kantornya, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Prasetyo mengatakan pihaknya tetap akan mengacu pada UU yakni KUHP. Dalam KUHP disebutkan bahwa hasil penyidikan Polri harus diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Kalau mau menegakan hukum jangan menerobos aturan. Harus ikuti harus taat azas. Kalau sudah ada UU itu kita pasti akan kirimkan Jaksa kok. Kalau belum kan kita tetap mengacu pada UU yang ada yakni KUHP. Hasil penyidikan dari Polri diserahkan ke JPU. Kalau mereka (Polri) menahan orang tapi habis masa penahanannya, perpanjang ijin ke Penuntut umum. Itu prosedur," tambahnya.

Lebih lanjut, Prasetyo mengatakan saat ini baru KPK yang mempunyai perjanjian dengan Kejaksaan yang sudah diatur UU. Disitu disebutkan Kejaksaan bisa mengirim jaksa ke KPK, namun untuk Densus Tipikor belum ada aturan terkait hal itu.

"Ada ngga Aturannya? Kalau KPK iya ada UU nya yang mengatakan penuntut umumnya Jaksa. Kita kirim kesana. Kalau Densus ngga ada," tegasnya.[jat]

Komentar

 
x