Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 07:08 WIB

Jokowi Sebut Tol Luar Jawa Bisa Tekan Harga Bawang

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 12 Oktober 2017 | 22:17 WIB
Jokowi Sebut Tol Luar Jawa Bisa Tekan Harga Bawang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Palembang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan kunjungannya dalam Tur Sumatera yang dimulai hari ini, Kamis (12/10) dilakukan dalam rangka meresmikan rangkaian Tol Trans Sumatera.

Adapun dalam kunjungan hari pertama, Jokowi meresmikan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Sesi I yang merupakan bagian dari pembangunan tol tersebut.

"Tol Trans Sumatera ini kan, mulai banyak yang sudah jadi. Ini Palembang-Indralaya. Jadi, besok kami ke Medan. Dari Medan di Kualanamu ke Tebing Tinggi. Akan kami resmikan Tol Medan-Binjai," kata Jokowi usai peresmian, Kamis (12/10/2017).

Ia mengungkapkan, masih banyak pembangunan tol di provinsi-provinsi lainnya yang sudah mulai selesai. Jokowi memgharapkan pembangunan tol di daerah lainnya segera selesai.

"Kami harapkan nanti dari Lampung sampai ke Aceh. Mungkin di Aceh akan kami mulai awal tahun depan dari barat ke timur, timur ke barat. 2019 belum (terhubung), tapi sudah dimulai. Hitungan kami kira-kira 1850 km selesai karena sampai akhir tahun ini kira-kira 580 km selesai. Kenapa tol ini saya datang? Ini sudah empat kali karena di sini konstruksinya khusus. Biayanya dibanding dengan tol yang lain hampir 1,5 kali lipat karena harus nguruk 7 meter. Mengeruk 7 meter dan menyedot air karena ini rawa-rawa tapi konstruksi ini sudah selesai. Saya mau melihat fisik jadinya seperti apa, seperti fisik tol yang lain saya kira lebih bagus," paparnya.

Lebih jauh, Jokowi mengatakan, tol di luar pulau Jawa akan memperkuat fondasi negara dalam rangka menghadapi era kompetisi global.

"Artinya apa? global competitiveness index kita pasti lebih baik karena mobilitas barang dan orang pasti akan lebih cepat. Akhirnya biaya transportasi barang lebih rendah. Akhirnya lagi harga barang akan turun, tapi ini memerlukan waktu karena memang belum selesai semuanya," tandasnya.[jat]

Tags

Komentar

 
x