Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 23:59 WIB

Usai Diresmikan

Jokowi Minta Tol Palindra Gratis 2 Bulan

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 12 Oktober 2017 | 20:16 WIB
Jokowi Minta Tol Palindra Gratis 2 Bulan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Palembang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmennya untuk rajin mendatangi pembangunan proyek-proyek besar di tanah air yang berlangsung selama pemerintahannya.

Demikian disampaikan Jokowi saat meresmikan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Sesi I yang merupakan bagian dari Tol Lintas Sumatera, Kamis (15/10/2017) sore.

"Kenapa saya datangi proyek-proyek besar yang sangat penting? Ya, karena itu saya ingin setiap persoalan bisa selesai cepat di lapangan. Seperti tol di Balikpapan-Samarinda yang tertunda selama delapan tahun sebenarnya hanya ada dua permasalahan, yaitu
melewati lahan konservasi dan melewati lahannya Kodam," papar Jokowi.

Ia menjelaskan, saat menghadapi hal ini dirinya langsung menghubungi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo agar persoalan pembebasan lahan yang melewati area Kodam dapat diselesaikan.

"Ya, sehari sampai dua hari (selesai). Kemudian lahan konservasi juga. Konservasi penting, tapi diambil tidak banyak. Saya telepon Menteri LHK dua hari rampung. Persoalan kecil-kecil ini bisa diselesaikan, tapi tidak selesai kalau kita tidak berani memerintah terhadap otoritas yang memtuskan," ujarnya.

Jokowi mengakui pembebasan lahan merupakan masalah yang kerap dihadapinya setiap akan membangun pelabuhan, bandara hingga jalan tol.

"Oleh sebab itu, saya perlu ke sini karena perlu semangat itu. Saya sangat senang sekali ini jalan tol pertama yang ada di Sumatera Selatan. Saya minta meskipun ini jalan tol, meskipun jalan tol kan bayar, saya minta bisa dilihat dan juga dinikmati masyarakat awal-awal sampai akhir tahun, tolong jangan dipungut dulu (biaya)," ujarnya.

Jokowi mengatakan, pemungutan biaya untuk jalan tol tentu dipersilakan saat seluruh proses pembangunannya selesai hingga Sesi II dan Sesi III.

"Kalau sudah sambung dengan Sesi II dan III bisa, tapi hanya berapa lama sih? Dua bulan ini kan, November sampai Desember tidak lama (gratis biaya tolnya). Pemiliknya bisa enggak ini? Jangan siap-siap, betul ini? Apalagi Hutama Karya siap berarti itu benar," kata Jokowi.

Peresmian tol lalu dilakukan Presiden RI melalui ditekannya sirine sebagai tanda Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Sesi I sudah dibuka untuk masyarakat.

"Dengan mengucap bismillah, saya resmikan jalan Tol Palembang-Indralaya Seksi I: Palembang-Pamulutan," ucapnya.

Turur hadir mendampingi Kepala Negara dalam kesempatan ini antara lain Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra.[jat]

Tags

Komentar

 
x