Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:08 WIB

KPU: Lima Partai Belum Isi Sipol

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:35 WIB
KPU: Lima Partai Belum Isi Sipol
Komisioner KPU RI, Hasyim Asy'ari - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan sebanyak 25 partai politik tingkat nasional sudah mengisi data partai Sistem Informasi Parpol (Sipol) yang dibuat KPU.

Menurut dia, puluhan partai politik itu bagian dari 30 partai di tingkat nasional yang sudah mendapatkan unsername dan password aku Sipol dari KPU.

"Jadi dari 30 parpol yang dikasih akses, hingga saat ini yang mengisi baru ada 25 parpol," kata Hasyim di Kantor KPU, Kamis (12/10/2017).

Namun, Hasyim enggan menyebutkan kelima partai politik yang belum mengisi Sipol KPU tersebut.

"Saya sebutin jumlahnya saja, dari 30 parpol baru ada 25 parpol yang isi Sipol," jelasnya.

Ia menjelaskan untuk partai politik yang masih mengalami kesulitan dalam mengisi data partainya pada Sipol KPU dapat berkonsultasi dengan tim helpdesk penyelengara pemilu.

"Kalau helpdesk terdapat beberapa fungsi, jadi bisa konsultasi lewat phone atau datang langsung. Seluruh pertanyaan kami catat semua apa saja persoalannya, solusi semua tercatat, nanti kalau ada parpol ingin difasilitasi akses Sipol ya kami fasilitasi," ujarnya.

Sementara itu, salah satu syarat untuk mendaftar sebagai peserta pemilu adalah mempunyai 100 persen kepengurusan di tingkat provinsi, 75 persen di tingkat kabupaten/kota dan 50 persen di tiap kecamatan.

Pada pemeriksaan adminitrasi, KPU akan mengecek keabsahan data yang telah diserahkan ke partai politik. Pemeriksaan dilakukan terhadap data yang sudah dimasukkan lewat aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).[ris]

Tags

Komentar

 
x