Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 00:04 WIB

Kata PSI Soal Pendaftaran yang Belum Diterima KPU

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 12 Oktober 2017 | 00:31 WIB
Kata PSI Soal Pendaftaran yang Belum Diterima KPU
Ketua Umum PSI Grace Natalie - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan penolakan dokumen yang diajukan pihaknya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena adanya permasalahan saat mengisi data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Saat ini dalam proses penyempurnaan. Karena antara lain ada double loading saat upload dokumen. Sehingga dokumen yang masuk di sipol lebih banyak daripada hard copynya. jadi sekarang harus dicek agar sesuai jumlah yang di sipol dan hardcopy nya," kata Grace, Rabu (11/10/2017) malam.

Dia menyebutkan, proses penyelesaian data yang tengah disempurnakan tersebut terganggung dari sistem Sipol itu sendiri.

"Misalnya saat sistem Sipol mengalami gangguan, kami sedang tahap upload 100 dokumen. jadi kami upload ulang 100 dokumen itu. Ternyata malah di sistem jadi ada 200 dokumen. Padahal yang benar hanya 100 dokumen," jelasnya.

Dia mengungkapkan dokumen fisik telah lengkap dan hanya dokumen di Sipol yang masih bermasalah.

"Kalau dokumen fisik sudah lengkap, yang bermasalah jumlah dokumen di Sipol," terangnya.

Sementara saat mengkonfirmasi kepada Ketua KPU RI melalui pesan Whatshapp belum memberikan respons terkait penolakan dokumen PSI tersebut.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, belum menerima, pendaftaran Partai Solidaritas Indonesia (PSI).Pasalnya masih ada kekurangan dokumen yang belum dilengkapi. KPU tidak menerangkan secara detail dokumen yang harus dilengkapi.

Dalam pengumuman yang di lansir dari website kpu.go.id tertulis bahwa pendaftaran PSI belum bisa diterima, karena masih ada kekurangan dokumen.

Pemeriksaan adminitrasi dilakukan KPU sampai tanggal 15 November 2017. Kemudian untuk Parpol yang belum memenuhi syarat adminitrasi diberi kesempatan merevisi pada 18 November hingga 1 Desember 2017. Selanjutnya hasil revisi adminitrasi diumumkan 12-15 Desember 2017.

Salah satu syarat untuk mendaftar sebagai peserta pemilu adalah mempunyai 100 persen kepengurusan di tingkat provinsi, 75 persen di tingkat kabupaten/kota dan 50 persen di tiap kecamatan.

Pada pemeriksaan adminitrasi, KPU akan mengecek keabsahan data yang telah diserahkan ke parpol.Pemeriksaan dilakukan terhadap data yang sudah dimasukkan lewat aplikasi Sistem Informasi Partai Politik(Sipol).[jat]

Tags

Komentar

 
x