Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:06 WIB

Dipimpin Hasto, PDI Perjuangan Daftar ke KPU

Oleh : Ivan Setyadi | Rabu, 11 Oktober 2017 | 16:08 WIB
Dipimpin Hasto, PDI Perjuangan Daftar ke KPU
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arif Budiman menerima berkas verifikasi dari Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di gedung KPU, Jakarta - (Foto: Inilahcom/Eusebio CT)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum, Rabu (11/10/2017), untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019.

"Hari ini seluruh pengurus DPP PDIP mendapat tugas dari ibu Megawati Soekarnoputri agar menggunakan seluruh kepercayaan yang diberikan rakyat dengan mengikuti tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu (mendaftar ke KPU)," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di KPU, Jakarta, sebelum pendaftaran.

"Perlu kami sampaikan bahwa seluruh persyaratan yang diperlukan KPU sebagaimana termuat dalam Sipol kami penuhi dengan sebaik-baiknya," sambungnya.

Meski mendukung KPU dalam melakukan verifikasi, PDI Perjuangan menyoroti kasus yang terjadi di daerah saat proses verifikasi.

"Namun kami juga perlu beri masukan pada KPU, dari proses Sipol yang ada kami melihat daerah Papua dan Papua Barat proses KTP elektronik terutama identifikasi terhadap nomor identitas kependudukan itu belum sepenuhnya dapat dipenuhi," ungkapnya.

Sehingga kondisi ini menyebabkan pengisian Sipol itu menjadi kurang sempurna. Selain itu PDIP juga mencermati adanya NIK yang bersifat tunggal namun tidak memperhatikan domisili kepengurusan. Sebab, menurut dia, ada pengurus PDIP yang bertugas di tingkat nasional namun demi kepentingan ideologis partai, yang bersangkutan juga ditugaskan di daerah.

"Nah sistem ini belum memungkinkan adanya penugasan-penugasan seperti itu. Kemudian juga kami temukan data kecamatan yang tidak lengkap, misalnya di kecamatan Kretek, Bantul, di situ ada lima kelurahan yang tidak ada dalam Sipol karena pemekaran desa yang ada, hal ini perlu disempurnakan," tandasnya.[ivs].

Komentar

 
x