Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 11:31 WIB

Indikator: 60 Persen Cukup Puas dengan Jokowi-JK

Oleh : Agus Iriawan | Rabu, 11 Oktober 2017 | 15:42 WIB
Indikator: 60 Persen Cukup Puas dengan Jokowi-JK
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa hasil survei soal tingkat kepuasan kepada kinerja Pemerintahan Jokowi-JK saat ini masyarakat merasa cukup puas dengan hasil kerja Jokowi.

Burhanuddin menjelaskan survei ini dilakukan sejak tanggal 17-24 September 2017 dengan metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 1.220 orang. Sementara margin error survei ini +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Kemudian, respon yang terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancaraan yang telah dilatih.

Dia menyebutkan respons ini terkait soal tingkat kepuasan kinerja Jokowi sejak dilantik pada 20 Oktober 2014 lalu.

"Hasilnya 7,95 persen menyatakan sangat puas, dan 60,3 persen memilih cukup puas dengan kinerja Jokowi. Selanjutnya sisanya 2,26 persen tidak puas sama kinerja Jokowi," kata Burhanuddin di diskusi Evaluasi tiga tahun kinerja Jokowi-JK, di Kantor Indikator, Jalan Cikini V, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Ia mengungkapkan bahwa tren tingkat kepuasan Jokowi pada Januari 2015 sampai September 2017 relatif stabil diatas 60 persen.

"Kalau approval rating atau tingkat kepuasan publik merupakan standar emas yang suka dipakai dalam survei opini publik untuk mengetahui tingkat dukungan publik kepada pemerintahan," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kinerja bukan satu -satunya variabel sebagai penentu kepuasan publik.Karena ada ekspektasi masyarakat terhadap pemerintah dan pemimpin diluar wilayah kerja pemerintah.

"Jadi ekspetasi itu, bisa jadi berada diluar urusan kinerja resmi pemerintah, ya seperti indetitas sosial, dan ideologi serta perilaku pribadi," ujarnya.

Kata dia, terkait soal kemampuan Jokowi untuk memimpin,12, 4 persen merasa yakin dengan kepeminpinan Jokowi dan 60,3 persen menyatakan cukup yakin, serta 20 persen masyarakat merasa kurang yakin dengan kepemimpinan Jokowi dan 2,6 persen mengatakan tidak yakin sama sekali. Kemudian 4,8 persen menyebutkan tidak tahu. [rok]

Tags

Komentar

 
x