Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 20:02 WIB

Panglima Harus Bangun Komunikasi Baik Antar Matra

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 11 Oktober 2017 | 04:04 WIB
Panglima Harus Bangun Komunikasi Baik Antar Matra
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Intelijen dan Militer, Susaningtyas Kertopati alias Nuning menyarankan kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo membangun komunikai politik yang kondusif dan terintegrasi dengan baik antar matra.

"Komunikasi yang baik penting karena bila ada sekat tentu mengakibatkan dampak bola salju ke masyarakat yang bisa menimbulkan ketegangan yang tidak perlu," kata Nuning kepada INILAHCOM, Selasa (10/10/2017).

Menurut dia, seluruh prajurit TNI siapa pun itu harus patuh pada sapta marga dan senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dibanding kepentingan pribadinya. Bahkan, jika ada masalah pelik sebaiknya dibicarakan dulu antar institusi.

"Bukan langsung dibuka ke publik karena kan ada saja yang merupakan rahasia negara yang juga harus dijaga," ujarnya.

Di samping itu, Nuning melihat begitu pentingnya melaksanakan interoperability sistem informasi yang ada di organisasi TNI secara keseluruhan. Karena, dengan teknologi informasi yang sudah berkembang dewasa ini maka integrasi sistem informasi harus meningkat satu tahap berikutnya yaitu interoperability sistem informasi.

"Di negara-negara yang sudah maju, konsep interoperability bahkan sudah pada tahap composability," jelas dia.

Ia menambahkan sebaiknya semua pihak tanpa terkecuali harus turut menjaga ketentraman negara sehingga konstruksi negara dalam membangun ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya (ipoleksosbud) terjaga baik.[ris]

Komentar

 
x