Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 21:34 WIB

ICW Sebut Praperadilan Bukan Soal Benar Atau Salah

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 10 Oktober 2017 | 16:11 WIB
ICW Sebut Praperadilan Bukan Soal Benar Atau Salah
Anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch ( ICW), Emerson Yuntho
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch ( ICW), Emerson Yuntho meminta KPK segera mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan (sprindik) baru terhadap Setya Novanto dalam kasus korupsi e- KTP.

Sebab, menurut Emerson, praperadilan tidak menetapkan orang bersalah atau tidak, tetapi hanya menetapkan sah atau tidak proses penetapan tersangka atau penahanan tersangka dalam kasus hukum yang menjeratnya.

"Kalau bersalah atau tidak seseorang dalam kasus hukum hanya dapat ditetapkan oleh pengadilan, kalau belum dibuktikan pengadilan bersalah dan KPK miliki bukti kuat, KPK harus menetapkan Setya Novanto," kata Emerson di sela-sela diskusi yang bertema 'KPK vs Setnov, membuka Kotak Pandora, Bakoel Coffe , Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Selain itu, KPK juga harus menahan Novanto usai kembali ditetapkan sebagai tersangka."Limpahkan ke pengadilan nanti pengadilan yang membuktikan salah atau tidak Novanto, saya malah khatwatir kalau proses tersebut berjalan lambat nanti KPK yang duluan dibubarkan," tegasnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, melalui Hakim Tunggal Cepy memenangakan gugatan praperadilan terhadap tersangka Setya Novanto terkait kasus korupsi e- KTP beberapa bulan lalu.[ivs].

Komentar

 
x