Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Januari 2018 | 07:39 WIB
 

Sidang MKH Tertutup untuk Hakim Manado

Oleh : - | Minggu, 8 Oktober 2017 | 20:31 WIB
Sidang MKH Tertutup untuk Hakim Manado
Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Hakim Sudiwardono - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) untuk Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Hakim Sudiwardono karena tertangkap tangan oleh KPK besar kemungkinan tidak akan dilakukan.

"Proses MKH, itu jika pelanggarannya masih seputar etik berarti masih ada kemungkinan tidak dipecat," Kepala Biro Humas dan Hukum MA Abdullah, Jakarta, Minggu (8/10/2017).

Menurut dia, sidang MKH dilakukan bagi hakim pelangar etik. Sedangkan pelanggaran oleh hakim Sudiwardono termasuk dalam pelanggaran hukum berat dan harus dipecat. Sehingga proses sidang MKH tidak akan berguna.

"Segala pembelaan oleh hakim yang bersangkutan dapat dilakukan di persidangan tindak pidana," kata Abdullah.

Adapun hakim Sudiwardono diamankan oleh KPK pada Jumat (6/10) tengah malam di Jakarta, terkait dengan kasus hukum di Sulawesi Utara. "OTT ini adalah hasil kerjasama MA dengan KPK," kata Abdullah.

Bersama dengan Hakim Sudiwardono, KPK juga mengamankan seorang anggota DPR Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar daerah pemilihan Sulawesi Utara, Aditya Anugrah Moha.

Dalam tangkap tangan tersebut KPK juga mengamankan sejumlah uang dalam mata uang asing sebagai barang bukti. KPK juga telah menetapkan status Hakim Sudiwardono dan Aditya sebagai tersangka.

Aditya ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberikan suap, sementara Hakim Sudiwardono sebagai penerima suap. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x