Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 20:13 WIB

Dari Hasil Survei Masyarakat Puas dengan Jokowi

Oleh : - | Minggu, 8 Oktober 2017 | 18:31 WIB
Dari Hasil Survei Masyarakat Puas dengan Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tiga tahun sudah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin Indonesia. Meski masih ada keluhan masalah ekonomi, namun mayoritas masyarakat puas dengan pemerintahan Jokowi.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga kajian KedaiKOPI. Survei sendiri dilakukan dengan metode wawancara tatap muka yang dilakukan terhadap 800 responden.

Ratusan responden itu berada di delapan kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta (kecuali Kep. Seribu), Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. Survei dilakukan pada 8-27 September 2017 dengan margin of error (MoE) +/-3,5 persen.

Sebanyak 55,7 persen responden puas dengan pemerintahan Jokowi. "Rakyat masih mengeluhkan tentang masalah ekonomi," ujar Hendri dalam siaran pers Minggu (8/10/2017).

Masalah utama yang dihadapi masyarakat saat ini, kata dia, masalah ekonomi seperti kebutuhan pokok, BBM dan listrik mahal dikeluahkan responden sebanyak 55,4 persen.

Sedangkan masalah kebutuhan lapangan pekerjaan 14,1 persen, korupsi 3,9 persen, narkoba 3,3 persen, berita hoax tentang SARA 2,5 persen.

"Responden yang menjawab tidak tahu ada 7,6 persen, sisa responden lainnya menyebutkan hal lain selain yang disebutkan di atas," jelas dia.

Kepuasan terhadap pemerintah utamanya dalam bidang pembangunan infrastruktur (32,7 persen) dan bantuan kesehatan serta pendidikan (16,3 persen).

Sementara harga kebutuhan pokok yang naik atau mahal (22,7 persen) dan janji yang belum ditepati (8,5 persen) merupakan alasan ketidakpuasan terhadap pemerintahan.

Rakyat menilai pembangunan infrastruktur (24,9 persen), pelaksanaan KIP, KIS, KKS (15 persen), memberantas korupsi dan narkoba (2,6 persen) dan blusukan (1,3 persen) adalah janji Jokowi-JK yang sudah terpenuhi.

Sementara itu dari sisi elektabilitas, apabila pemilu dilakukan di hari saat pertanyaan diajukan, responden yang memilih Jokowi 44,9 persen, sementara yang memilih opsi jawaban selain Jokowi ada 48,9 persen dan sisanya tidak menjawab. [tar]

Tags

Komentar

 
x