Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 17:09 WIB

Penyandang Disabilitas Ikut Daftar Panwascam

Oleh : - | Minggu, 8 Oktober 2017 | 16:38 WIB
Penyandang Disabilitas Ikut Daftar Panwascam
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Banyuwangi - Pemandangan berbeda tampak pada pelaksanaan ujian tes tulis seleksi calon peserta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Banyuwangi. Pasalnya, terdapat satu peserta berasal dari warga penyandang disabilitas.

Ia adalah Ninis Lady Tia asal Kecamatan Cluring. Ia mendapat nomor urut 127, tapi panitia menempatkan tempat duduknya menyendiri didampingi oleh adiknya di sofa paling belakang peserta lainnya. Tujuannya, memberikan rasa nyaman dan jauh dari gangguan suasana peserta lain.

Hal yang melatarbelakangi gadis berusia 26 tahun ini memutuskan ikut dalam seleksi Panwaslu Kecamatan lantaran terinspirasi oleh daerah lain, Menurut dia, banyak di daerah lain itu ada yang jadi relawan, pemantau atau petugas lainnya.

Hal lain, yang membuat dirinya nekat ikut seleksi ini adalah untuk menggugah simpati pemerintah. Karena, Dia tau ada perhatian yang belum seimbang terhadap orang seperti dirinya.

"Seperti di Pemilu itu belum ada braile, jadi kepentingan orang seperti kita belum ada yang mengakomodir. Padahal undang-undang sudah ada, tapi kertas suara belum ada," katanya, Minggu (8/10/2017).

Seperti pada seleksi ini, lulusan jurusan Ilmu Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini sudah mengetahui jika tidak disediakan braile. "Panitia memberikan kesempatan kepada saya, sehingga saya memanfaatkanya," ujarnya.

Sementara Ketua Panwaskab Banyuwangi, Hasyim Wahid mengatakan telah berkonsultasi dengan Panwas Provinsi Jawa Timur sehingga diputuskan untuk menyediakan petugas pembaca soal.

"Dari 424 peserta ada satu yang tuna netra. Peserta tuna netra ini hanya ada di Banyuwangi. Kami sudah konsultasi kejadian di ini ke Panwaslu jawa timur. Kami tetap memberikan kesempatan meskipun kami tidak menyediakan braile, tapi kami berusaha menyediakan petugas pembaca sesuai pertuni," ujarnya.

Peserta seleksi calon Panwascam Banyuwangi diikuti oleh 466 orang. Jumlah tersebut termasuk paling banyak nonor tiga di antara kabupaten/ kota Jawa Timur. Nantinya, dari jumlah tersebut hanya dipilih 75 orang yang terbagi 3 orang di masing-masing kecamatan.[beritajatim.com]

Komentar

 
x