Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:04 WIB

Pilkada Jawa Barat 2018

Ini Nama Bakal Cagub Jabar yang Meroket

Oleh : - | Minggu, 8 Oktober 2017 | 09:13 WIB
Ini Nama Bakal Cagub Jabar yang Meroket
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai sosok M Ridwan Kamil memang unggul sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018 mendatang. Namun, Wali Kota Bandung itu belum menjadi kandidat yang perkasa.

"Kalau merujuk data kita, RK (Ridwan Kamil) yang konsisten disimulasi jumlah calon dan kita potret selalu unggul, tapi kita melihat belum masuk kategori tunggal. Jadi dia unggul tapi belum perkasa," kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah melalui rilisnya, Minggu (8/10/2017).

Menurut dia, sosok Ridwan Kamil bisa disebut sebagai kandidat matahari tunggal dalam Pilgub Jawa Barat 2018 kalau memiliki pemilih fanatik/militan di atas 25 persen hingga 30 persen dan elektabilitasnya bisa di atas 50 persen.

"Karena Pilkada Jawa Barat akan diwarnai persaingan ketat dan seluruh figur yang potensial maju sebagai kandidat belum ada yang menjadi matahari tunggal," ujarnya.

Ia mengatakan elektabilitas Ridwan Kamil sudah resmi diusung dan didukung oleh Partai NasDem, tentu dalam berbagai simulasi pun belum cukup perkasa karena masih dibawah 40 persen.

"Kini ada Dede Yusuf yang mulai meroket dan Dedi Mulyadi (DM) yang trendnya terus naik. Sementara, Deddy Mizwar (Demiz) yang elektabilitasnya di atas DM masuk dalam kategori stagnan," jelas dia.

Survei ini dilakukan pada 22-29 September 2017 dengan menggunakan metode standard multi stage random sampling, dimana seluruh pemilih Jawa Barat dipilih secara random. Jumlah responden 440, dengan margin of error sebesar 4.8 persen.[ris]

Komentar

 
x