Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 16:10 WIB

KLHK Bentuk Masyarakat Peduli Api Cegah Karhutla

Oleh : - | Sabtu, 7 Oktober 2017 | 20:14 WIB
KLHK Bentuk Masyarakat Peduli Api Cegah Karhutla
(Foto: menlhk)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dengan membentuk program Masyarakat Peduli Api (MPA) untuk mencegah dan memberantas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

MPA beranggotakan warga yang secara sukarela dan peduli terhadap pengendalian Karhutla. KLHK pun berkomitmen untuk melatih dan memberikan pembekalan teknis dalam upaya pencegahan Karhutla.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan mengungkapkan, MPA dibentuk di desa-desa tertentu yang menjadi sasaran, yaitu desa yang berbatasan dengan kawasan hutan dan desa rawan kebakaran. Desa-desa ini menjadi prioritas dibentuknya MPA agar masyarakat dapat terlibat aktif dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di desanya.

"Sampai saat ini, KLHK sudah membentuk Masyarakat Peduli Api di 26 provinsi sebanyak 664 regu di desa-desa rawan kebakaran hutan dan lahan, baik di wilayah Sumatera dan Kalimantan maupun di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Jumlah anggota MPA yang sudah dibentuk ada 9.963 orang," jelas Raffles.

Pelatihan dan pembekalan teknis yang diberikan KLHK terhadap kelompok MPA meliputi beberapa aspek yaitu, gambaran umum pengendalian karhutla, teknik dasar pencegahan, dasar pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB), teknik dasar pemadaman kebakaran, dan dilengkapi dengan praktek di lapangan. Dalam mendukung kelompok MPA, KLHK juga memberikan peralatan sederhana untuk perlengkapan pribadi dan pemadaman dini Karhutla.

Komentar

 
x