Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 21:23 WIB

Bos First Travel Gunakan Uang Calon Jemaah Rp127 M

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 6 Oktober 2017 | 21:17 WIB
Bos First Travel Gunakan Uang Calon Jemaah Rp127 M
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILACOM, Jakarta - Pasangan suami istri pemilik biro perjalanan umrah First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan diduga menggunakan uang calon jemaahnya untuk keperluan pribadi.

Diantaranya membeli rumah, mobil mewah sampai pelesiran ke luar negeri. Kini rumah dan mobil mewah itu saat ini sudah disita oleh penyidik Bareskrim Polri sebagai barang bukti.

Lalu berapa jumlah uang calon jemaah yang digunakan oleh pasangan suami istri itu? Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, uang calon jemaah umrah yang digunakan diduga mencapai ratusan miliar.

"Untuk kepentingan pribadi, untuk sementara dari hasil (pemeriksaan senilai) Rp127 Miliar," kata Kasubdit V Dit Tipidum, Kombes Dwi Irianto di Bareskrim Polri Gedung KKP, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Dia menjelaskan, saat ini penyidik sudah menyita aset keduanya, namun berapa jumlah pastinya dia belum bisa merinci. Sebab, sampai saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran kepada aset-aset yang bersangkutan.

"Kurang lebih (aset yang disita) Rp50 miliar. Kemarin anggota kami masih menelusuri itu aset-aset," ujar dia.

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan Andika Hasibuan, dan istrinya, Anniesa Desvitasari Hasibuan dan adiknya Kiki Hasibuan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan dana milik jamaah umroh.

Sebanyak 58 ribu jamaah gagal berangkat. Beberapa diantara mereka menginginkan uangnya kembali dan segara dapat melaksanakan umrah melalui biro perjalanan lainnya. Namun tidak sedikit dari mereka yang tetap ingin pertanggungjawaban First Travel. [ton]

Komentar

 
x