Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 21:34 WIB

MA akan Tindak Lanjuti Laporan Terhadap Hakim Cepi

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 6 Oktober 2017 | 13:32 WIB
MA akan Tindak Lanjuti Laporan Terhadap Hakim Cepi
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Laporan Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi dan LSM terhadap Hakim Cepi Iskandar tak akan didiamkan.

"Badan Pengawas akan mempelajari dengan sungguh-sungguh. Apakah materi laporan laporan tersebut masuk ranah etik atau atau sudah masuk ranah teknis," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah di Gedung MA, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

MA membuka peluang memberikan sanksi tegas pada Hakim Cepi atas putusan praperadilan yang membatalkan status tersangka Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus e-KTP,jika menemukan adanya bukti-bukti pelanggaran etik.

"Apabila ada bukti bukti bahwa ini melanggar etika MA siap melakukan pemeriksaan dan tindakan tegas kepada hakim yang bersangkutan," kata dia.

Apabila setelah dikaji secara cermat ternyata itu masuk ranah teknis, MA tidak akan mencampuri.

"Karena itu menjadi kewenangan hakim dan hakim yang bersangkutan yang harus bertanggung jawab terhadap putusnya," papar Abdullah.

Hakim Cepi Iskandar di dalam putusannya mencabut status tersangka Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Atas putusan tersebut, Hakim Cepi dilaporkan ke Mahkamah Agung.

Dalam laporannya, dinilai ada tujuh keganjilan dalam proses praperadilan yang dimenangkan Setya Novanto itu. Di mana koalisi anti korupsi sejak awal melakukan pemantauan proses persidangan. Salah satu yang disinggung terkait rekaman KPK yang tak diputar hakim Cepi. [rok]

Komentar

 
x