Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 13:59 WIB

Wiranto Ingatkan TNI dan Polri Jaga Soliditas

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 6 Oktober 2017 | 12:43 WIB
Wiranto Ingatkan TNI dan Polri Jaga Soliditas
Menkopolhukam Wiranto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto menggelar konferensi pers usai pertemuan tertutup bersama para petinggi aparat keamanan negara di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2017).

Melalui pernyataannya, Wiranto mengatakan pemerintah menyadari perlunya soliditas alat keamanan dan pertahanan nasional untuk menghadapi ancaman eksistensi keamanan negara.

Ia pun mengingatkan soliditas aparat diperlukan sesuai dengan bunyi janji Sapta Marga keempat milik TNI dan isi Tribrata Polri ketiga.

"Oleh karena itu, upaya memecah belah soliditas adalah perbuatan sangat berbahaya dan harus dihentikan. Menetralisir untuk kepentingan negara, terutama pembangunan nasional," kata Wiranto.

Menkopolhukam menegaskan, spekulasi pembelian senjata aparat keamanan sudah dapat diselesaikan melalui rapat koordinasi pagi ini.

"Adanya banyak regulasi mengatur pengadaan senjata api sejak tahun 1948. Paling tidak ada empat undang-undang, satu perppu, empat peraturan setingkat menteri, dan satu surat keputusan mengakibatkan perbedaan pendapat yang berkembang di berbagai institusi," tuturnya.

Untuk itu, pemerintah segera melakukan pengkajian dan penataan regulasi tersebut hingga memunculkan kebijakan tunggal agar tidak membingungkan institusi yang menjadi pengguna senjata api.

"Pengadaan SAGL (Stand-alone Grenade Laucher) yang masih tertahan (di bandara) akan segera dikeluarkan melalui rekomendasi Panglima, dengan catatan amunisi tajam dititipkan ke Mabes TNI," ungkapnya.

Untuk itu, ia memohon kepada seluruh institusi negara hingga masyarakat memahami hal ini dan tidak terus mengembangkannya ke ruang publik.

"Hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan ke pimpinan lembaga masing-masing," pungkas Wiranto. [rok]

Tags

Komentar

 
x