Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 23:02 WIB

NTT Rawan jadi Jalur Masuknya Narkoba

Oleh : - | Jumat, 6 Oktober 2017 | 02:05 WIB
NTT Rawan jadi Jalur Masuknya Narkoba
(Foto: Inilahcom/Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Kupang - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan provinsi berbasis kepulauan itu rawan akan masuknya narkoba dan obat terlarang lainnya.

"Kalau menurut saya NTT masuk dalam kawasan yang rawan akan masuknya narkoba dan sejenisnya," katanya kepada wartawan di Kupang, Kamis.

Ia mengatakan masuknya narkoba ke NTT melihat dari beberapa kasus sebelumnya banyak pengedar dan pemakai yang ditangkap di wilayah itu.

Apalagi NTT adalah negara yang berbatasan darat dengan Timor Leste serta berbatasan Laut dengan Australia, menjadi hal yang harus diantisipasi.

"Pada tahun-tahun sebelumnya pernah ada masuk dari Timor Leste kurang lebih 9 kilogram narkoba jenis sabu-sabu. Dan ini menjadi pembelajaran bagi kami," tutur dia.

Oleh karena itu, menurut dia, baik Polri, TNI serta Badan Narkotika Nasional Provinsi harus bersinergi untuk memperkuat pertahanan di wilayah perbatasan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Josef Gadhi mengatakan bahwa sampai dengan saat ini Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTT terus gencar melakukan sosialisasi bahaya pengedaran narkotika di sejumlah wilayah di NTT termasuk di kawasan perbatasan antara Indonesia-Timor Leste.

"Cara yang kita lakukan adalah sosialisasi di sektor pendidikan mulai dari tingkat SD hingga universitas," ujar dia.

Di samping itu juga pihaknya mengelar juga tes urine, tidak hanya di sektor pendidikan tetapi juga di setiap instansi pemerintahan di NTT.

Sementara itu terkait jumlah penanganan kasus pemakai dan pengedar narkoba di NTT yang ditangani oleh BNN Provinsi, Josef mengatakan pada tahun 2017 belum ada kasus.

"Tahun ini tidak ada kasus yang kami tangani. Tetapi tahun lalu ada empat kasus dengan jenis narkoba jenis Sabu dengan empat tersangka. Dan semuanya sudah disidangkan," tambah dia.[tar]

Tags

Komentar

 
x