Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:38 WIB

3 Prajurit TNI Ini Terima Satya Lencana Kesetiaan

Oleh : - | Kamis, 5 Oktober 2017 | 19:05 WIB
3 Prajurit TNI Ini Terima Satya Lencana Kesetiaan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Medan - Tiga prajurit menerima Satya Lencana Kesetiaan pada peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-72, Kamis, dilaksanakan di Markas Komando Lantamal I Belawan, Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Satya Lencana tersebut disematkan Wadanlatamal I Belawan Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso yang menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan HUT TNI itu.

Ketiga prajurit Satya Lencana itu yakni Lettu Inf Tumiran (Satya Lencana Kesetiaan 24 tahun) berdinas di Jasdam I/Bukit Barisan (TNI AD), Serma SAA Muhammad Hariono (Satya Lencana Kesetiaan 16 tahun) dari TNI AL yang berdinas di Fasharkan Lantamal I Belawan, dan Praka Angga Sanyoto (Satya Lencana 8 tahun) dari TNI AU yang berdinas di Polisi Militer Lanud Soewondo Medan.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam pidatonya yang dibacakan Wadanlantamal I Belawan mengatakan, setiap prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif, menurut dia, akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

"Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang," kata Jenderal Gatot.

Ia menyebutkan, impelementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI.

"Karena itu, tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya," kata jenderal bintang empat itu.

Gatot mengatakan, hal itu sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada presiden dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan alutsista TNI, termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI.

Selain itu, bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara.

Kedekatan dan kebersamaan TNI-rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari sistem pertahanan semesta yang dianut selama ini.

"TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa, dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional," kata Panglima TNI.

Peringatan HUT TNI ke-72 di Mako Lantamal I Belawan itu menampilkan upacara parade, defile, demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit, serta alutsista TNI, drumband dan drama kolosal perjuangan TNI.[tar]

Tags

Komentar

 
x