Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:38 WIB

Danrem: TNI-Polri Selalu Bersinergi

Oleh : - | Kamis, 5 Oktober 2017 | 16:44 WIB
Danrem: TNI-Polri Selalu Bersinergi
Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Hadi Basuki - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandarlampung - Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Hadi Basuki mengatakan, TNI-Polri akan selalu bersinergitas untuk mengamankan wilayah khsusunya di Provinsi Lampung.

"Peran TNI-Polri menjaga keamanan khususnya Lampung, melakukan operasi militer selain perang yakni dengan pemberdayaan wilayah pertahanan," kata dia, usai HUT Ke-72 TNI di Lapangan Saburai Enggal Bandarlampung, Kamis (5/10/2017).

Ia mengatakan, TNI juga membantu tugas pemerintah dan kepolisian negara guna mengamankan wilayah setempat dengan melakukan pemberdayaan wilayah.

Selain itu, lanjutnya, peran interen TNI bisa mengevalusi diri dan berbuat terbaik untuk bangsa dan negara khususnya membantu menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Lampung.

"Peran lainnya bersama semua komponen masyarakat termasuk Polri dan pemerintah bersinergitas dan solid menjaga wilayah dan keutuhan NKRI," ujarnya.

Terkait isu mulai bangkitnya Partai Komunis Indonesia, Danrem mengatakan Provinsi Lampung saat ini aman dari hal tersebut.

"Jika ada pihak-pihak yang mau membangkitkan kembali PKI mereka artinya ingin melawan negara dan telah diatur dalam undang-undang. Ada Tap MPRS No 25 tahun 1966 dan Tap MPR No 1 tahun 2003 sudah jelas, bila ada yang ingin membangkitkan kembali PKI, kami (TNI-Polri, red) siap menghabisi mereka," kata dia.

Sementara itu, pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilaksanakan di Lapangan Saburai Korem 043/Gatam Enggal, Bandarlampung.

Tahun ini Tema HUT yaitu "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Komandan Korem 043/Garuda Hitam, Kolonel Hadi Basuki menjadi Inspektur Upacara pada HUT TNI tersebut. Komandan Upacara yang bertugas adalah Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yonif-7 Marinir Mayor Mar Piski Ade Putra.

Danrem Hadi Basuki dalam kesempatan itu mengatakan upacara HUT TNI bertujuan untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang telah gugur mempertahankan Kemerdekaan RI.

"Kita sebagai generasi penerus hendaknya terus mengevaluasi diri untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara khususnya Wilayah Lampung. TNI dan Polri akan bersinegritas solid mengamankan wilayah," ujarnya.

Hadir pada acara itu Sekda Provinsi Lampung Sutono, Kapolda Lampung Irjen Suroso Hadi Siswoyo, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Aprizal, serta sejumlah pejabat TNI-Polri dan sipil.

Pada upacara tersebut, diberikan pula penganugerahan tanda penghargaan Satya Lencana Kesetiaan atas pengabdian yang luar biasa anggota TNI.

Penghargaan Satya Lencana Kesetiaan diberikan kepada Lettu Inf Safrinadi dari TNI AD (masa bakti 24 tahun). Serma Mes M. Irfai dari TNI AL (masa bakti 16 tahun) dan Praka Yandara Raspati dari TNI AU (masa bakti 8 tahun).

Upacara dimeriahkan pula dengan atraksi dari anggota TNI, diantaranya sosio drama perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman dari para Prajurit Gabungan TNI dan demostrasi bela diri Militer Yongmoodo dari Satuan Yonif 143/TWEJ.[tar]

Tags

Komentar

 
x