Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 21:14 WIB
 

Beli Tokek, Pensiunan PNS Tertipu Rp50 Juta

Oleh : - | Kamis, 5 Oktober 2017 | 12:04 WIB
Beli Tokek, Pensiunan PNS Tertipu Rp50 Juta
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Jombang - Sukadi (65), pensiunan PNS asal Dusun Sedamar, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Jombang tertipu puluhan juta. Penyebabnya, dia hendak membeli tokek berukuran besar.

Uang puluhan juta sudah dikeluarkan, namun hewan jenis reptil tersebut tak kunjung didapatkan.

Menyadari dirinya tertipu, Sukadi kemudian melaporkan permasalah tersebut ke polisi. Walhasil, petugas menindaklanjutinya dengan melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya dua pelaku berhasil dibekuk berikut barang bukti.

Pelaku masing-masing Subiyanto (63) warga Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto dan Ferdinand Rudolf Patinama (51), warga Desa Ngares Wetan, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto. Selanjutnya, dua pelaku tersebut dijebloskan dalam sel tahanan.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang Iptu Subadar menjelaskan, transaksi pembelian tokek tersebut sebenarnya dilakukan pada Maret 2016, namun oleh korban baru dilaporkan 27 September 2017. Karena memang selama itu, Sukadi hanya diberikan janji-janji oleh kedua pelaku.

Kejadian itu bermula ketika Subiyanto dan Ferdinand mendatangi Sukadi. Dalam pembicaraan, dua warga Mojokerto itu menawarkan tokek rumahan dengan panjang 29 sentimeter. Sebagai biaya menangkap dan mendatangkan tokek tersebut, mereka meminta uang Rp 10 juta. Korban menyanggupi, bahkan membayarnya sekalian.

Namun hingga waktu yang ditentukan, kedua pelaku tak kunjung mengirimkan barang pesanan korban. Ironisnya. Subiyanto dan Ferdinand kembali mendatangi Sukadi guna meminta uang tambahan sebesar Rp20 juta. Alasannya, uang tersebut hendak digunakan untuk ruwatan. Namun lagi-lagi, ternyata hal itu hanya akal-akalan pelaku, karena tokek yang dijanjikan tak kunjung diberikan kepada korban.

Pelaku tidak hilang akal, mereka kembali meminta tambahan Rp 15 juta dan Rp 5 juta. Pasalnya, tokek tersebut tidak ada, dan pelaku hendak menggantinya dengan samurai. "Akan tetapi hingga saat ini samurai tersebut juga tidak ada. Korban akhirnya melaporkan ke polisi," ujar Subadar, Kamis (5/10/2017).

Selain menangkap dua pelaku, kata Subadar, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti. Salah satunya empat lembar materai untuk pembelian lima ekor tokek. "Kerugian korban mencapai Rp 50 juta. Saat ini kedua pelaku sudah kita tangkap," pungkas Subadar. [beritajatim]

Komentar

x