Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 18:45 WIB

Menang Praperadilan Elektabilitas Setya Belum Naik

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 5 Oktober 2017 | 07:06 WIB
Menang Praperadilan Elektabilitas Setya Belum Naik
Setya Novanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kemenangan Setya Novanto atas gugatan praperadilan yang membatalkan status tersangka di kasus e-KTP di KPK dinilai tidak membuat elektabilitasnya naik.

"Saya menilainya begini, kami kan melihat dari reaksi publik. Kami baca dari media sosial, dari berita-berita, sebetulnya tidak ada yang positif publik menanggapi kemenangan Setya Novanto," kata Ahmad Doli Kurnia pada INILAHCOM, Jakarta, Rabu (4/7/2017).

Menurut dia, kemenangan Novanto dari KPK malah membuat publik semakin marah kepada Ketua Umum Partai Golkar itu. Hal itu diduga karena ada kejanggalan dalam putusan gugatan praperadilan.

"Malah orang bertambah antipati (ke Novato), menganggap dengan gampangnya mempermainkan hukum. itu yang sekarang berkembang di publik," ujar dia.

Novanto sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP oleh KPK pada 17 Juli 2017 lalu. Novanto kemudian mengajukan praperadilan lantaran keberatan atas status tersangka dari KPK.

Gugatan itu dimenangkan oleh Novanto. Hakim tunggal Cepi Iskandar menyatakan penetapan Novanto sebagai tersangka di KPK tidak sah lantaran tidak mengikuti prosedur.

Penetapan tersangka Novanto oleh KPK sudah dilakukan di awal penyidikan. Padahal, menurut hakim, harusnya penetapan tersangka dilakukan di akhir tahap penyidikan suatu perkara. [ind]

Komentar

 
x