Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 April 2018 | 11:05 WIB
 

Badan Siber Diharap Jadi Tameng Keamanan Negara

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 3 Oktober 2017 | 15:23 WIB
Badan Siber Diharap Jadi Tameng Keamanan Negara
Menkominfo Rudiantara - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menkominfo Rudiantara menyebut pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan sangat penting untuk sebuah negara. Karena itu ia berharap pembentukannya segera dilaksanakan.

"Makin ke sini makin dirasakan maka perlu disegerakan BSSN ini. Bukannya tidak dilakukan pemerintah untuk menangani siber ini. Ancaman siber ini hanya dilakukan tidak terintegrasi secara," kata Rudiantara, Selasa (3/10/2017).

Menurut Rudi, rapat ini lebih berfokus pada percepatan implementasi BSSN. Karena nantinya, Badan Siber inilah yang akan menjadi tameng untuk memperkuat keamanan nasional.

"Sebetulnya kebutuhan tentang kemampuan merespon terhadap ancaman siber yang sudah terintegrasi sudah lama," katanya.

Saat disinggung apakah pembentukan Badan Siber ini berkaitan menjelang tahum politik 2019. "Kebetulan saja itu," jelasnya.

Sebelumnya, Wiranto juga menegaskan pembentukan siber ini berguna untuk pembangunan nasional. Ia pun membantah pembentukan BSSN dikaitkan untuk menghadapi dinamika politik jelang Pilpres 2019.

"Ini untuk kebutuhan keamanan nasional. Kalau terlambat kita enggak punya pertahanan siber. Jujur saya perang militer itu akan jarang nantinya, karena biaya mahal dan negara juga engga mau ambil resiko kan. Makanya mungkin bisa beralih ke perang lain ya perang siber ini," ujarnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x