Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 05:55 WIB

Pemerintah Harus Segera Selesaikan Kisruh Senjata

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 3 Oktober 2017 | 12:36 WIB
Pemerintah Harus Segera Selesaikan Kisruh Senjata
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan pemerintah harus memberikan jawaban kepada rakyat terkait impor senjata.

"Pemerintah harus memberikan keterangan karena memang terjadi kesimpangsiuran di dalam berita, antara berita yang disampaikan Panglima TNI dan Menhan kan tidak sejalan sehingga menimbulkan pertanyaan di masyarakat," kata Agus di Gedung DPR, Selasa (3/10/2017).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini mengatakan pemerintah juga harus mengambil suatu kebijakan untuk memberikan jawaban yang dapat menyelesaikan masalah senjata ini.

Menurut dia, bisa saja DPR dalam hal ini Komisi III dan Komisi I memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk rapat gabungan. Namun, alangkah baiknya dirapatkan sendiri dulu baru dikoordinasikan.

"Jadi rapat tersendiri dulu misalnya TNI sama Komisi I kemudian Polri, BIN dengan Komisi III itu bisa saja. Tapi kalau sekaligus dilaksanakan rapat gabungan itu bisa juga karena di dalam tata cara UU MD3, rapat gabungan itu dimungkinkan dan memang rapat gabungan itu dianjurkan," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, polemik pembelian senjata oleh Polri muncul setelah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan ada institusi tertentu yang membeli 5 ribu senjata ilegal.

Gatot bahkan bakal menyerbu Polri jika memiliki senjata yang bisa menembak tank dan pesawat.

Meski tidak menyebut institusi yang dimaksud, pernyataan Gatot itu disebut mengarah ke Polri yang baru saja datang kedatangan senjata.

Polri sudah meluruskan isu yang berkembang. Senjata itu berjumlah 500an, bukan 5 ribu. Selain itu, senjata itu untuk memberikan efek kejut terhadap target yang ditentukan. [rok]

Tags

Komentar

 
x