Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 22:12 WIB

KY Didesak Periksa Integritas Hukum Hakim Cepi

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 2 Oktober 2017 | 04:00 WIB
KY Didesak Periksa Integritas Hukum Hakim Cepi
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti Abdul Fikar Hajar mempertanyakan moral hukum Hakim Tunggal Cepi Iskandar usai menerima sebagian gugatan status tersangka Ketua DPR Setya Novanto atas kasus dugaan korupsi proyek e-KTP oleh KPK.

Fikar menilai, moral dan mental hakim sangat menentukan dalam perkara ini. Untuk itu, dirinya mendesak agar Komisi Yudisial harus turun tangan memeriksa integritas hukum dari Hakim Cepi.

"KY harus turun tangan, memeriksa apakah hakim itu tidak profesional, sengaja berbuat unprofesional atau belaga bodoh dengan motif-motif lain. Bisa juga hakim diduga telah menerima sejumlah uang atau janji," kata Fikar kepada INILAHCOM, Jakarta, Minggu (1/10/2017).

Ia menuturkan, praperadilan adalah menguji prosedur penerapan upaya paksa seperti menangkap, menahan, menyita dan menetapkan seseorang sebagai tersangka dalam suatu perkara hukum.

"Persidangan ini tidak menghapuskan kesalahan terdakwa. Oleh karena itu, penegak hukum, KPK masih dapat menetapkan kembali SN sebagai tersangka atau sprindik baru," tandasnya. [rym]

Komentar

 
x