Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 16:30 WIB

Yanti Nasution: Apa Salah Ayah Saya?

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Sabtu, 30 September 2017 | 21:04 WIB

Berita Terkait

Yanti Nasution: Apa Salah Ayah Saya?
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Putri mendiang Jenderal AH Nasution, Hendrianti Sahara Nasution berbagi kisah detik-detik pemberontakan G30S PKI yang dialami keluarganya pada 1 Oktober 1965 dini hari.

Yanti sapaan akrab Hendrianti Sahara Nasution bercerita kejadian yang membuat adiknya Ade Irma Suryani tertembak peluru Cakrabirawa yang hendak menangkap dan membunuh Jenderal AH Nasution.

Alhasil, Ade yang saat itu masih berumur lima tahun terkulai lemas dan bersimbah darah. Ade meninggal setelah dirawat di rumah sakit. Namun, akhirnya dia meninggal pada 6 Oktober 1965.

Sambil meneteskan air mata, Yanti amat sangat mengutuk kejadian pada era orde lama tersebut. Ia mengaku sedih tak bisa menyelematkan nyawa ade yang saat itu masih berusia 5 Tahun.

"Saat itu ibu saya sudah punya firasat akan adanya penculikan terhadap ayah (AH Nasution). Saya waktu itu masih berusia 13 tahun," kata Yanti dalam diskusi Pemberontakan G30S/PKI di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2017).

Yanti bercerita, pada malam itu, dirinya sedang berada di kamar sendirian. Tiba-tiba ia mendengar adanya ribut-ribut di kamar ayahnya. Tak lama kemudian terjadilah suara tembakan.

Mengetahui hal itu, Yanti sontak langsung mencoba melarikan diri dengan melompat lewat jendela kamarnya.

"Saya ngumpet dirumah ajudan bapak waktu itu. Tapi ajudan (Pierre Tendean) dicukik. Saya ngumpet di kolong tempat tidur," katanya.

Pagi harinya, sang ibu mulai mencarinya dengan terus menggendong adiknya yakni Ade Irma Suryani yang sudah tertembak dibagian punggungnya. Sang ayah ternyata juga lolos dari penculikan tersebut karena ia bersembunyi di tong belakang dengan melompar pagar Kedubes Irak.

Sampai saat ini, dia masih bertanya-tanya kenapa ayahnya menjadi target kekejaman PKI. "Kenapa PKI mau menculik dan membunuh ayah saya? Apa salah ayah saya?" kata dia. [ind]

Komentar

x