Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 06:11 WIB

Istana Apresiasi Aksi 299 Berlangsung Tertib

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 29 September 2017 | 17:00 WIB
Istana Apresiasi Aksi 299 Berlangsung Tertib
Kepala Staf Kepredidenan Teten Masduki - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Istana mengapresiasi aksi 299 yang berlangsung tertib sepanjang Jumat (29/9) siang ini.

Kepala Staf Kepredidenan Teten Masduki mengatakan, pemerintah tak mempermasalahkan kembali digelar aksi oleh sejumlah elemen masyarakat, asalkan berlangsung tertib dan damai.

Adapun aksi 299 digagas Presidium Alumni 212 usai ibadah salat Jumat hari ini dalam rangka mendesak DPR menolak Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat.

Selain itu, aksi tersebut juga meminta DPR menolak dan melawan kebangkitan PKI yang indikasinya semakin menguat dalam beberapa waktu terakhir.

"Ya, tadi aksinya sudah berlangsung, cukup baguslah, tertib begitu ya. Memang kalau demo itiu boleh-boleh saja. Menunjukman ekspresi itukan boleh dan terimakasih sudah berlangsung cukup baik," kata Teten di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2017).

Soal tuntutan penolakan Perppu Ormas yang disuarakan melalui aksi teraebut, Teten pun mempersilakan jika pihak yang keberatan mengambil langkah gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau sebagian dari mereka keberatan ya, mekanismenya tinggal ke MK, silakan saja. Itu saya kira satu sistem demokrasi. Kalau nanti memang putusan MK itu membatalkan ya pemerintah harus mematuhi itu. Sesederhana itu saja," ujarnya.

Namun, ia mengingatkan bahwa diterbitkannya Perppu tersebut dalam rangka bagian dari kebijakan pemerintah untuk mengambil sikap terhadap bahaya dari radikalisme.

"Saya kira harus dilihat kenapa pemeirntah menerbitkan Perppu. Kalau memang masyarakat menganggap itu ada penolakan silahkan lewat jalur mekanisme demokrasi yaitu lewat judicial review di MK," tandasnya.[jat]

Komentar

 
x