Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Januari 2018 | 22:27 WIB

Suap Bakamla, KPK Akan Usut Pihak Lain

Oleh : Ivan Sethyadi | Jumat, 29 September 2017 | 01:51 WIB
Suap Bakamla, KPK Akan Usut Pihak Lain
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - KPK terus mengusut peran sejumlah anggota DPR RI yang diduga ikut terlibat proses pembahasan anggaran proyek pengadaan satelit monitor di Badan Keamanan Laut (Bakamla) tahun 2016.

"Apakah ada pihak lain yang akan didalami terkait proses penganggaran, tentu akan didalami," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi awak media, Kamis (28/9/2017).

Dalam rangka itu, kata Febri, penyidik KPK memeriksa sejumlah saksi yang dianggap mengetahui rinci proses penganggaran di DPR berkaitan proyek Bakamla.

Keterangan antara lain sudah diperoleh dari Sekjen DPR Ahmad Djuned yang diperiksa sebagai saksi pada Rabu kemarin, 27 September 2017. Ahmad Djuned, kata Febri, dicecar soal risalah rapat pembahasan anggaran proyek Bakamla.

"Yang pasti kami dalam kasus Bakamla ini, kami sudah masuk dalam aspek penganggarannya," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam proyek pengadaan satelit monitor, Bakamla dan DPR menyepakati anggaran proyek senilai Rp 400 miliar. Tepi anggaran tersebut dipangkas menjadi Rp 220 miliar, dengan alasan pemerintah sedang lakukan penghematan.

Sementara, dalam persidangan, Dirut PT Melati Technofo Indonesia (PT MTI) Fahmi Dharmawasyah terbukti telah menyuap, untuk memuluskan perusahaannya menggarap proyek ini. Sehingga tender proyek tersebut dimenangkan PT MTI.

Fahmi mengakui telah menyerahkan uang Rp 24 miliar ke Politikus PDIP, Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi. Uang tersebut diduga telah disalurkan ke sejumlah anggota DPR.

Fahmi diketahui kader PDIP yang juga Direktur PT Viva Kreasi Investindo termasuk staf Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya Arie Soedewo. Ali Fahmi telah berulang kali mangkir dari pemeriksaan baik di tingkat penyidikan ataupun pada proses persidangan.

Hingga kini, KPK masih mencari tahu keberadaan Ali Fahmi yang disebut-sebut sebagai saksi penting untuk mengungkap aliran dana Fahmi Dharmawansyah ke sejumlah anggota DPR. [rok]

Tags

Komentar

 
x