Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 15:02 WIB

Empat Anak Badak Jawa Lahir di Ujung Kulon

Oleh : - | Selasa, 26 September 2017 | 12:59 WIB
Empat Anak Badak Jawa Lahir di Ujung Kulon
(Foto: Tim RMU)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Tim RMU (Rhino Monitoring Unit) Taman Nasional Ujung Kulon berhasil mengidentifikasi empat anak Badak Jawa baru di Semenanjung Ujung Kulon, dua di antaranya lahir pada 2016 dan dua lainnya di 2017.

Anak badak pertama yang diberi nama Prabu berjenis kelamin jantan dari induk bernama Sinta. Prabu terlihat ada di Cibunar, Citadahan, hingga Cikeusik Barat. Bentuk telinganya normal dan tegak lurus dengan ujung telingat atas membulat. Ujung ekor melengkung, ada kerutan di sekitar mata, serta ada bekas luka serta lipatan di bahu kiri.

Sementara anak badak kedua diberi nama Manggala, jenis kelamin jantan dari induk bernama Ratna. Hewan langka ini terlihat di Cikeusik Barat. Bentuk tubuhnya normal dengan tepi telinga bergerigi, ada kerutan di sekitar mata kanan berbentuk cekung serta cirri lain rada robekan di ujung telinga kiri.

Anak badak ketiga berjenis kelamin betina diberi nama Irna berasal dari induknya Ambu. Irna terlihat di daerah Cikeusik Barat dengan bentuk tubuh yang normal dengan ujung atas telinga runcing dengan lipatan leher kiri sinambung.

Tim RMU Taman Nasional Ujung Kulon juga menemukan anak baru badak keempat yang berjenis kelamin betina dan diberi nama Mayang, dengan indukan bernama Puspa. Terekam Mayang berada di lokasi Cikeusik Barat. Mayang juga memiliki bentuk tubuh dan telinga yang normal namun di bagian ekor terlihat bunting.

Komentar

 
x