Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:05 WIB

Isu Kebangkitan PKI

Paham Komunis Sudah Tak Laku

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 26 September 2017 | 03:08 WIB
Paham Komunis Sudah Tak Laku
Pengamat Militer dan Intelijen Universitas Padjadjaran (UNPAD) Muradi
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Militer dan Intelijen Universitas Padjadjaran (UNPAD) Muradi menilai isu PKI yang muncul jelang peringatan peristiwa G30S/PKI sudah tidak laku.

Apalagi jika disampaikan ideologi PKI bangkit lagi seperti banyak didengungkan.

"Negara-negara komunis uda ga ada ko. Cuma Korut saja yang masih," katanya kepada INILAHCOM, Senin (25/9/2017).

Adalah Mayor Jenderal Purnawirawan, Kivlan Zen yang menyebut ideologi dan kelompok PKI sudah bangkit lagi di Indonesia. Menurut Kivlan, pembangkitan paham yang sudah dilarang oleh Indonesia sejak puluhan tahun lalu dilakukan dengan cara yang dikemas dengan sedemikian rupa. Tujuannya agar pergerakan itu tidak terdeteksi oleh pihak anti PKI.

Acara-acara seperti simposium, festival, peringatan-peringatan menjadi salah satu cara menghidupkan idelogi komunis di Indonesia.

Atas pernyataan Kivlan tersebut, Muradi menanggapi santai."Tunjukkan saja satu saja buktinya bahwa benar komunis ada," ungkapnya.

Memang nilai positifnya dari isu PKI bangkit lagi ini, kata Muradi, membuat masyarakat jadi lebih peka dan waspada. Tapi tetap harus hati-hati.

"Waspada boleh, tapi jangan phobia," tandasnya.

Diketahui, isu keberadaan PKI kembali menghangat seiring peringatan Gerakan 30 September pada akhir bulan ini. Hal itu ditambah dengan adanya insiden yang terjadi di halaman kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Tags

Komentar

 
x