Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 16:36 WIB

Kebakaran di TN Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Oleh : - | Jumat, 22 September 2017 | 21:38 WIB
Kebakaran di TN Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bersama-sama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan berhasil memadamkan kebakaran hutan di lereng batas kawasan pada pukul 02.00 WIB, Jumat (22/09/2017).

Belum diketahui apa penyebab kebakaran yang terjadi sejak Kamis (21/09/2017) sekitar pukul 10.00 WIB ini, karena proses inventarisasi masih berlangsung. Kepala Balai TNGC, Padmo Wiyoso menjelaskan bahwa, lokasi kebakaran merupakan lahan berbatu bekas pertambangan, dan vegetasi yang terbakar adalah alang-alang.

"Kebakaran yang terjadi cepat meluas karena cuaca terik dan kondisi angin yang kencang. Pihak TNGC sudah melakukan pencegahan dengan membuat sekat bakar, untuk mengantisipasi agar kebakaran tidak meluas," jelas Padmo.

"Sampai dengan saat ini, masih dilakukan upaya mopping up/ pendinginan pada lokasi kebakaran untuk memastikan kebakaran tidak tersisa", lanjutnya.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam Nomor : 248/KPTS/DJ-VI/1994, tentang Prosedur Tetap Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan, sekat bakar dibuat dengan membersihkan jalur/alur pemisah antara sumber api, dengan akumulasi bahan bakar. Sekat bakar ini berfungsi untuk untuk melokalisir api agar tidak merambat ke tempat lain yang lebih luas.

Sementara itu, kegiatan pemadaman juga terus dilakukan secara terpadu di Provinsi Sumatera Selatan, pada lahan total seluas sekitar 2 Ha di Kabupaten Ogan Ilir. Setelah kurang lebih dua jam, kebakaran dapat dipadamkan. Di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, sekitar 1,3 Ha lahan terbakar juga berhasil dipadamkan oleh Manggala Agni Daops Sangkima. [*]

Komentar

 
x