Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:40 WIB

Suap GM Jasa Marga ke BPK

KPK Telisik Pihak Lain di Kasus Auditor BPK

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 22 September 2017 | 22:00 WIB
KPK Telisik Pihak Lain di Kasus Auditor BPK
Jubir KPK, Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan penetapan Auditor Madya pada Sub Auditorat VII BPK RI, Sigit Yugoharto dan General Manager PT Jasa Marga (Persero) Cabang Purbaleunyi Setia Budi sebagai tersangka bukanlah hasil akhir.

Lembaga antikorupsi memastikan akan terus mengembangkan kasus ini, termasuk mengusut keterlibatan pihak lain.

"Pihak yang diduga penerima dan pemberi masih satu orang dan kita belum menemukan informasi perbuatan bersama-sama di sana yang memenuhi ketentuan Pasal 55 (turut serta) tersebut," kata Jubir KPK, Febri Diansyah, Jumat (22/9/2017).

Diketahui, Setia Budi diduga memberikan suap kepada Sigit berupa satu unit motor Harley-Davidson tipe Sportster 883. Motor senilai Rp115 juta ini diberikan Setia Budi untuk mempengaruhi hasil temuan tim BPK yang diketuai Sigit dalam PDTT terhadap PT Jasa Marga cabang Purbaleunyi.

Tim BPK menemukan adanya kelebihan pembayaran terkait pekerjaan pemeliharaan periodik, rekonstruksi jalan dan pengecetan marka jalan yang tidak sesuai dan tidak dapat diyakini kewajarannya dalam laporan keuangan PT Jasa Marga tahun 2015-2016.

Diduga, terdapat sejumlah pejabat Jasa Marga yang turut serta atau setidaknya mengetahui pemberian suap ini.

Febri memastikan, pihaknya akan menelusuri asal usul motor Harley-Davidson yang diberikan Setia Budi kepada Sigit.

"Perolehan objek yang diduga objek suap adalah materi yang kita dalami dalam penyidikan. Apakah uang pribadi apakah motor sudah dimiliki itu bagian proses penyidikan," tandasnya.[jat]

Tags

Komentar

 
x