Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:03 WIB

Kapolri Harap Polantas Terus Lakukan Inovasi

Oleh : - | Jumat, 22 September 2017 | 21:32 WIB
Kapolri Harap Polantas Terus Lakukan Inovasi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jajaran Korlantas Polri menggelar perayaan HUT Polantas ke-62 di Halaman NTMC Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Acara ini dimulai dengan senam bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Irwasum Komjen Putu Bayu Seno dan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa.

Tito mengatakan momentum HUT Korlantas ke-62 harus dijadikan bahan evaluasi untuk kemajuan Polisi Lalu lintas, karena Polantas sudah jadi bagian kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

"Lalu lintas jantung dan pembuluh darah kota. Kalau lalu lintas macet, darah macet, kota buntu semua. Kita melihat peranan lalin sudah sangat dirasakan jadi bagian sentral masyarakat kita, kalau Polantas tidak ada, masyarakat bisa bingung," katanya.

Menurut dia, saat ini masih ada konotasi negatif yang melekat pada Polantas sehingga harus dilakukan perbaikan dan pembenahan dalam peringatan HUT Korlantas yang usianya sudah memasuki 62 tahun.

"Ada tokoh yang bilang kerja instansi anu mirip polantas, ngumpet di balik pohon ada pelanggaran langsung nongol. Ke depan yang pertama tolong jajaran lantas makin berupaya merubah citranya jadi yang lebih positif," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan baik di bidang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident), Pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmas Lantas) atau operasional manajemen lalu lintas perlu dilakukan inovasi dan evaluasi.

"TMC Jakarta sudah memecahkan rekor follower twitter, hampir 7 juta follower se-Indonesia. Artinya satu, orang butuh tahu perkembangan lalin. Ke dua mereka mengakui keberadaan fungsi polantas dan mereka merasakan ada manfaatnya," jelas dia.

Sementara Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa memperlihatkan terobosan di bidang lalu lintas antara lain sistem pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online yang sudah terlaksana sejak 2016.

"Bahkan sistem secara online juga diterapkan di setiap Samsat meski baru beroperasi di Polda Pulau Jawa dan Bali. Baru akan launching pada pertengahan Oktober," kata Royke.

Menurut dia, bukan hanya SIM tapi pengurusan BPKB secara online juga di beberapa Polda pada tahun 2017 dan 2018 akan segera direalisasikan. Dalam bidang penegakan hukum (gakkum), Korlantas membuat terobosan dengan adanya tilang secara online atau e-Tilang.

"Kemudian speed management, speed camera untuk menangkap kecepatan dan pusat data laka lantas melalui IR SMS (Integrated Road Safety Management System)," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x