Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:44 WIB

Isu PKI Diduga Dibuat Musuh Politik Jokowi

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 22 September 2017 | 05:06 WIB
Isu PKI Diduga Dibuat Musuh Politik Jokowi
Peneliti senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Syamsuddin Haris - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) disebut sengaja dimunculkan ke permukaan. Isu ini diduga dimanfaatkan oleh lawan politik untuk menyerang Joko Widodo.

Demikian disampaikan peneliti senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Syamsuddin Haris. Menurut dia, PKI sudah mati alias tidak ada di Indonesia. Apalagi TAP MPRS Nomor 25/1966 mengenai larangan keberadaan PKI yang sampai saat ini masih berlaku.

"Itu kan ketakutan akan banyangan sendiri. Musuh politik Jokowi menciptakan hantu (PKI), seolah-olah hantu itu ada. Padahal omong kosong," kata Syamsuddin pada INILAHCOM, Jakarta, Kamis (21/9/2017).

Selain lawan politik, ada juga beberapa pihak yang memanfaatkan isu tersebut tetap berada di permukaan. "Entah itu tidak suda dengan jokowi entah itu engga suka dengan situasi politik sekarang, gabungan itu semua lah," kata dia.

Dikethaui, isu keberadaan PKI kembali menghangat seiring peringatan Gerakan 30 September pada akhir bulan ini. Bahkan, pada Pemilu 2014 Jokowi tidak luput dari isu ini.

Di pemerintahan Jokowi, isu PKI juga menjadi isu krusial. Bahkan untuk memastikan komitmen pemerintahan ini anti PKI, sedikitnya dua kali kesempatan Presiden menunjukkan komitmennya untuk "menggebuk" kelompok yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 tak terkecuali PKI. [ind]

Tags

Komentar

 
x