Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 21:55 WIB

Malaysia Deportasi 131 TKI Lewat Nunukan

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 21 September 2017 | 23:31 WIB
Malaysia Deportasi 131 TKI Lewat Nunukan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Nunukan - Kepala Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Nasution di Nunukan mengatakan 131 tenaga kerja Indonesia (TKI) dideportasi oleh pemerintah Malaysia karena tidak memiliki dokumen resmi dan izin kerja setempat, melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

"Ratusan TKI yang dipulangkan tersebut telah menjalani hukuman di Pusat Tahanan Sementara (PTS) Tawau selama berbulan-bulan. Pemulangan TKI ini berdasarkan berita acara serah terima dari Konsulat RI Tawau kepada Imigrasi Nunukan nomor 779/Kons/IX2017 tertanggal 21 September 2017," katanya di Nunukan, Kamis (21/9/2017).

Nasution menjelaskan, dari 131 TKI yang dideportasi terdiri dari 63 laki-laki, 45 perempuan dan 23 anak-anak masing-masing 10 laki-laki dan 13 perempuan.

"Semuanya kasus keimigrasian atau tidak memiliki paspor bekerja di Negeri Sabah (Malaysia)," bebernya

Kedatangan ratusan TKI yang dideportasi itu di Pelabuhan Internasional Tunon Taka menggunakan kapal angkutan resmi dari Pelabuhan Tawau yakni MV Mid East Ekspres sekitar pukul 15.30 wita.

Sejumlah instansi terkait menjemput kedatangan TKI deportasi ini seperti imigrasi, BP3TKI dan kepolisian tanpa kehadiran Pemkab Nunukan.

Setelah aparat kepolisian melakukan pendataan langsung diserahkan kepada BP3TKI Nunukan untuk ditampung di rumah susun(rusun) yang berada di Jalan Ujang Dewa Kelurahan Nunukan Selatan. [tar]

Komentar

 
x