Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 11:01 WIB

Ini PR Bawaslu Hadapi Pilkada 2018-Pilpres 2019

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 20 September 2017 | 21:11 WIB

Berita Terkait

Ini PR Bawaslu Hadapi Pilkada 2018-Pilpres 2019
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengatakan munculnya aktor politik diprediksi akan semakin meningkat. Ini merupakan pekerjaan rumah (PR) yang dihadapi Bawaslu Provinsi terpilih 2017-2022.

"Kalau secara teknis maka aktor dan politik merupakan tantangan, maka bagaimana cara Bawaslu mengelola sumber daya pengawasan agar dapat menjangkau, bukan hanya aspek luas geografis, namun banyak para pihak yang terlibat di dalam pemilu," katanya, Rabu (20/9/2017).

Dia mengungkapkan, bahwa dalam aspek pemilih, masih sering terjadinya politik uang (money politic) yang bisa merusak integritas pemilu.

Ia menegaskan bahwa tantangan Bawaslu kedepan adalah memperkuat posisi pemilih dan membangun kesadaran masyarakat supaya memiliki kemampuan dan berani menolak politik uang.

Menurut dia, Bawaslu telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi tantangan tersebut. Dengan cara membentuk panwas kabupaten/kota, secara tepat waktu dan pengawasan juga bisa dilakukan bagi pelaksanaan tahapan-tahapan awal Pemilu dan Pilkada 2018.

"Maka keberadaan panwas kabupaten kota sebelumnya ad hoc menjadi masa kerja waktu lima tahun, serta kewenangan memberikan akreditasi terhadap pemantau pemilu dan kewenangan memutus pelanggaran adminitrasi pemilu maka akan menjadi modal bagi Bawaslu ke depannya," ujar Abhan.

Bahkan, Bawaslu sudah melakukan proses seleksi transparan dengan membentuk seleksi secara hati-hati. "Hal ini dapat menghindari soal masalah yang muncul," ujarnya.

Untuk diketahui, ada 72 orang anggota Bawaslu dari 24 Provinsi yang dilantik dengan masa jabatan 2017-2022. Sementara untuk DKI Jakarta akan dilantik usai masa jabatan periode 2012-2017 berakhir, pada 16 Oktober 2017. [ton]

Komentar

x