Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 21:33 WIB

Terduga Teroris Cirebon Berafiliasi ke ISIS

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Rabu, 20 September 2017 | 17:41 WIB
Terduga Teroris Cirebon Berafiliasi ke ISIS
Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Rikwanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - IM, pria Terduga teroris yang ditangkapn jelang kedatang presiden Joko Widodo (Jokowi) di Cirebon ternyata sering berkomunikasi dengan kelompok militan ISIS.

"Dia ikut berada dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Berbaiat dengan ISIS, dengan Abu Bakar Al Baghdhadi, dia mau merencanakan aksi dengan teman-temannya," kata Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Rikwanto di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Dia mengatakan dari penemuan barang bukti di dalam tas tersangka usai ditangkap di dekat Bandara, IM disebut memang memiliki paham ajaran radikal, hal ini juga diamini oleh para tetangga yang curiga terhadap kelakuan IM selama setahun terakhir.

"Dari penuturan warga, IM ini rajin ikut pengajian tapi tertutup dan eksklusif, mungkin ini cikal bakal dia. Biasanya ada gurunya yang mengajarkan tertentu sehingga membuat dia berubah seperti itu," ujarnya.

IM ditangkap polisi saat hendak melakukan aksi teror di tempat mendaratnya Presiden Jokowi, Bandara Cakrabhuwana, Cirebon, Senin (18/9). Polisi menemukan lima buah bom molotov yang sudah disebar di sekitar bandara. Selain bom molotov, polisi juga menyita sangkur, airsoft gun dan pepper spray dari tangan IM.[jat]

Tags

Komentar

 
x